Cloud Computing dan Hubungannya dengan Startups

2017-07-11 10:23:05
Cloud Hosting Indonesia Siapa yang tidak mengenal cloud computing? Bahkan yang tidak mengenalnya tanpa sadar menggunakan teknologi ini dalam kesehariannya seperti email atau media sosial yang selalu digunakan. Ternyata teknologi ini memiliki hubungan yang erat dengan startups atau usaha rintisan. Hubungan ini disebabkan banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh cloud computing bagi startups, yaitu:

Menghemat biaya untuk membeli software. Bukan rahasia lagi kalau bermigrasi menggunakan cloud computing berarti dapat menggunakan software yang disediakan oleh penyedia layanan cloud tanpa harus mengeluarkan biaya sebesar jika membeli berbagai software yang dibutuhkan. Bahkan banyak penyedia cloud computing yang menyediakan berbagai software tanpa biaya tambahan.

Software yang disediakan tidak terbatas pada software umum yang sering digunakan. Penyedia cloud computing sangat tahu kalau pelanggan mereka sebagian besar dari kalangan usaha sehingga menyediakan berbagai software terkait bisnis atau usaha seperti software terkait e-commerce, akuntansi dan berbagai software lainnya yang sekiranya dibutuhkan oleh startups.

Meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas. Startups sering kali tidak memiliki kantor atau ruang yang cukup besar sehingga banyak pekerjaan yang dilakukan dari tempat lain. Bermigrasi menggunakan cloud computing memungkinkan hal ini tidak hanya terjadi melainkan juga meningkatkan fleksibilitas karena data yang sama dapat diakses oleh beebrapa pengguna di waktu yang bersamaan. Begitu juga jika ada yang melakukan perubahan maka perubahan itu akan didapat oleh pengguna lain secara real time. Tentu saja ini akan memberikan keuntungan kepada startups. Tidak hanya menghemat waktu tetapi juga akan meningkat mobilitas yang pada akhirnya akan menghasilkan kolaborasi yang lebih baik.

Pemulihan bencana yang lebih cepat. Startups memang merupakan perusahaan baru atau perusahaan rintisan tetapi bukan berarti tidak memikirkan atau merencanakan masa depan. Salah satu hal yang harus direncanakan sejak dini adalah pemulahan paska bencana. Bencana dapat terjadi kapan saja dan sering kali tidak bisa diprediksi. Begitu juga dengan efek yang dihasilkan oleh bencana. Satu-satunya yang dapat dilakukan adalah melakukan tindakan pencegahan seperti brmigrasi menggunakan cloud computing sehingga seandainya terjadi bencana dan seluruh peralatan rusak data-data perusahaan masih bisa terselematkan. 

News & Events